Foto: ist

Regional

Buka Penjaringan Program PAAP, DPMD Buton Gandeng Dinas Perikanan

Rusli La Isi 15-09-2020 | 17:07PM

BUTON,  -  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton melakukan penjaringan kegiatan program Pengenalan Akses Area Perikanan (PAAP) di empat desa pesisir wilayah Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Senin (14/9/2020).

Kegiatan tersebut dipusatkan di Balai Pertemuan Desa Kumbewaha yang diikuti tiga desa lainnya yaitu Desa Karya Jaya, Desa Manuru dan Desa Kuraa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buton, Murtaba Muru mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut mampu menyuarakan aspirasi masyarakat desa pesisir sehingga dapat memudahkan peng akomodasian kedalam  Rancana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).

"Saya sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan bagi program  PAAP yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia melalui Pemprov Sulawesi Tenggara yang diikuti oleh 11 kabupaten/kota di Sultra, termasuk Buton," katanya.

Ia berharap, melalui program PAAP tersebut, desa-desa pesisir yang ada di Kecamatan Siotapina dapat dijadikan percontohan dalam proses pengintegrasian kegiatan-kegiatan berbasis kelautan dan perikanan ke dalam dokumen perencanaan desa yang dapat dibiayai Dana Desa. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Buton, Rasmin melalui Kepala Seksi Pengembangan Kawasan Budidaya, La Ila mengatakan bahwa, kegiatan Lokakarya tersebut sangatlah dibutuhkan oleh DKP. 

"Lokakarya ini sangat kami butuhkan karena kegiatan-kegiatan PAAP didasarkan pada potensi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta kebutuhan khusus Desa Pesisir untuk menjaga keutuhan habitat ikan dan ekosistem laut, memastikan kegiatan penangkapan ikan dilakukan secara ramah lingkungan, meningkatkan nilai tambah ikan dan produk ikan, dan memperbaiki manajemen keuangan rumah tangga perikanan sehingga sudah saatnya untuk diusulkan ke dalam RKPDes," ujar La Ila. 

Menurutnya, berdasarkan tata waktu, kegiatan Lokakarya ini sangat tepat penyelenggaraannya dengan siklus dan tahap-tahapan baku dalam proses perencanaan tingkat desa. 

Sementara itu, Camat Siotapina, La Rahadi mengatakan, kegiatan tersebut sangat membantu penjaringan aspirasi kegiatan-kegiatan yang berbasis kelautan dan perikanan Desa Pesisir menuju finalisasi penetapan RKPDes.

"Ini sangat membantu penjaringan aspirasi kegiatan-kegiatan berbasis kelautan dan perikanan masyarakat desa pesisir menuju finalisasi penetapan RKPDes-RKPDes desa-desa lingkup Kecamatan Siotapina yang direncakanan sudah harus selesai pada minggu ke-3 bulan September 2020 ini", katanya.

Agenda utama Lokakarya tersebut berisi diskusi kelompok yang diikuti oleh para cikal bakal pengurus dan anggota Kelompok PAAP yang terdiri dari perwakilan nelayan, perwakilan pengolah ikan dan perwakilan pembeli ikan dari masing-masing Desa Karya Jaya, Kumbewaha, Manuru dan Kuraa.