Bupati Buton, La Bakry didampingi sejumlah kepala OPD dan Anggota DPRD Buton berpose bersama dengan penerima BSB dari Kemensos. (Foto : Rusli La Isi/Takawanews)

Regional

Bupati Buton Kembali Salurkan BSB dari Kemensos, Hari Ini Giliran Kecamatan Wabula

Rusli La Isi 05-10-2020 | 14:42PM

BUTON, -  Bupati Buton, La Bakry kembali turun lapangan menyalurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) kepada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH). Pada Senin (5/10/2020) pagi, giliran  masyarakat Kecamatan Wabula menerima bantuan tersebut. 

Penyaluran bantuan tersebut dipusatkan di dua titik yaitu Galampa Desa Koholimombono dan Kantor Camat Wabula. Penyaluran BSB PKM PKH untuk Kecamatan Wabula berjumlah 416 KPM. Masing-masing KPM menerima beras 15 kg selama tiga bulan. 

Pada kesempatan ini, Bupati Buton, Drs La Bakry mengatakan pemberian bantuan tersebut untuk meringankan beban masyarakat disaat Pandemi Covid-19. Menurutnya walaupun tidak sepenuhnya dapat menyelesaikan masalah ekonomi, tapi dengan adanya bantuan BSB tersebut bisa meringankan beban masyarakat.

"Dengan bantuan ini diharapkan beban ekonomi masyarakat dapat teratasi sehingga nantinya dapat memberi makan yang bergizi untuk menambah imun tubuh tubuh kita," katanya kepada penerima bantuan di Kantor Camat Wabula.

Pemberian BSB tersebut lanjut dia,  merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial (Kemensos),  sehingga mengucurkan BSB tersebut bagi KPM PKH yang ada di seluruh Indonesia, termasuk KPM PKH di Kabupaten Buton. 

Tak hanya itu, pada kesempatan ini Ketua Golkar Buton ini menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti  memakai masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan, dan makan makanan bergizi. Sehingga dapat terhindar dari penularan Covid-19. 

"Saya berharap Covid-19 tidak terjadi lagi di Buton, dia hanya lewat-lewat saja tidak singgah dalam tubuh kita. Semoga dengan kerjasama ini dapat memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga nantinya bisa kita beraktivitas kembali," harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Sosial, Asnawi mengatakan penerima BSB PKH  Kecamatan Wabula sebanyak 416 KPM.

"Semua ada 416 PKM, Desa Bajo Bahari ada 45 KPM, d)Desa Holimombo ada 54 KPM, Desa Koholimbono ada 41 KPM, Desa Wabula 120 KPM, Desa Wabula Satu ada 50 ada KPM, Desa wasampela ada 74 KPM dan Desa Wasuemba ada 31 KPM," sebutnya.

Diketahui, hadir saat penyerahan BSB tersebut yaitu Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, Kadis Sosial, Asnawi , Kadis PMD Buton, Murtaba Muru, Plt Dinas Pariwisata Rusdi Nudi, Sekretaris Kesbangpol, La Lodi, sejumlah Anggota DPRD Buton dapil Kecamatan 1, dan Camat Wabula, Muhammad Basri.

BSB merupakan program Kemensos untuk  masyarakat yang terdampak Covid-19. Syarat agar bisa menerima bansos beras ini yakni harus terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).