Bupati Buton, La Bakry menyerahkan bantuan beras Kemensos ke salah satu KPM Kecamatan Pasarwajo. (Foto : Rusli La Isi/Takawanews)

Regional

Bupati Buton Salurkan Bantuan Beras dari Kemensos ke 1461 KPM 

Rusli La Isi 04-10-2020 | 19:15PM

BUTON, -  Sebanyak 1461 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton menerima bantuan beras dari Kementerian Sosial (Kemensos), pada Minggu (04/9/2020). Bantuan tersebut disalurkan langsung oleh Bupati Buton, La Bakry bertempat di tiga titik yaitu Gedung Wakaka, Kantor Desa Kabawakole dan Baruga Desa Holimombo, Kecamatan Pasarwajo. 

Selain Bupati, turut hadir pada penyerahan bantuan tersebut yaitu Sekretaris Daerah (Sekda), La Ode Zilfar Djafar, Asisten Satu, Alimani, Kepala Dinas Sosial, Asnawi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Murtaba Muru, Plt Dinas Pariwisata, Rusdin Nudi, Camat Pasarwajo, Amiruddin, para Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Pasarwajo.

Dalam sambutannya Bupati Buton, Drs La Bakry mengatakan penyerahan bantuan sosial ini atas dasar pertimbangan bahwa dalam masa Pandemi Covid-19 penerima Program Keluarga Harapan (PKH) tidak lagi mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT),  sehingga dari Kemensos menurunkan bantuan tersebut untuk penerima PKH.

"Ini atas dasar pertimbangan dulu, di awal-awal kemudian tidak lagi diberikan bantuan lain seperti BLT, sementara PKH itu satu bulan hanya 15 kilogram per KK, sehingga kita mengusulkan di Kementrian Sosial untuk melakukan penambahan pangan untuk para penerima PKH selama tiga bulan," katanya.

Ketua Golkar Buton ini berharap dengan diterimanya bantuan PKH dari Kemensos tersebut, beban masyarakat bisa berkurang dari dampak Covid-19. "Kalau beban berkurang, kan imunnya juga kuat dan bertambah sehingga demikian kondisi mereka dalam keadaan sehat," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Buton menghimbau masyarakat untuk tetap mentaati Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 23 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Sosial, Asnawi mengatakan pemberian bantuan sosial hari ini dikhususkan untuk Keluarga  Penerima Manfaat (KPM) dari Kecamatan Pasarwajo. Sedangkan untuk Kecamatan lainnya dilakukan setelah ini, sesuai jadwal yang telah ditentukan. 

"Untuk hari ini bantuan yang kita serahkan sejumlah 1461 KPM, jadi setiap KPM menerima 45 kilogram selama tiga bulan, kemudian untuk seluruh Kabupaten Buton berjumlah 4841 KPM," katanya.

Asnawi merincikan jumlah KPM masing-masing Kecamatan yang menerima bantuan yaitu Kecamatan Wolowa berjumlah 321 KPM, Kecamatan Wabula berjumlah 416 KPM, Kecamatan Siontapina berjumlah 921 KPM, Kecamatan Lasalimu Selatan berjumlah 761 KPM, Kecamatan Lasalimu berjumlah 467 KPM, dan Kecamatan Kapontori 554 KPM.

"Ini baru pertama kali mereka menerima bantuan tersebut dari Kementrian Sosial meskipun mungkin sebenarnya diawal-awal itu penerima PKH itu tidak mendapatkan bantuan berupa bantuan sosial tunai lainnya,  karena mereka itu memang sebelum adanya Pandemi Covid-19 sudah mendapatkan bantuan berupa uang. Jadi sebenarnya mereka ini sebelum adanya Pandemi sudah menerima juga bantuan dan hari ini mereka mendapatkan lagi," jelasnya. 

Diketahui, pembagian bantuan dari Kemensos ini dilakukan dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan Covid-19. Pemberian bantuan tersebut tidak dipusatkan di satu tempat, karena untuk menghindari kerumunan massa dalam jumlah yang banyak di masa pandemi Covid-19.