Foto: Mutiara Lflower (Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan)

CitizenTN

Cari Tahu Yuk, Mengapa Madu Merupakan Perubahan Wujud Yang Mengkristal?

CitizenTN 10-10-2020 | 22:34PM


Oleh: Mutiara Lflower
Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan

Seperti yang kita tahu Madu adalah cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula yang dihasilkan oleh lebah (genus Apis) dari nektar bunga dan rasanya manis. Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu

Perubahan wujud mengkristal pada madu, dilakukan secara alami oleh lebah. Saat lebah membawa madu ke sarang, bentuknya adalah cairan. Dalam cairan madu terdapat kandungan air, zat gula, vitamin dan enzim.

Apa proses perubahan wujud benda mengkristal terjadi, ya?

Mengkristal merupakan proses perubahan wujud dari gas menjadi padat. Peristiwa mengkristal merupakan kebalikan dari menyublim. Mengkristal merupakan proses yang melepaskan panas (kalor), dan terjadi ketika suhu benda didinginkan (suhunya diturunkan) dalam waktu cepat sehingga tidak melalui bentuk cair.

Ternyata Molekul gula di dalam madu saling terikat saat kandungan air dalam madu mulai larut. Inilah mengapa kita bisa melihat butiran seperti gula pasir pada madu.
Namun kemudian molekul gula di dalam madu mengalami proses kristalisasi.

Apa itu proses Kristalisasi ?

Kristalisasi adalah proses pembentukan bahan padat dari pengendapan larutan, melt (campuran leleh), atau lebih jarang pengendapan langsung dari gas.
Kristalisasi juga merupakan teknik pemisahan kimia antara bahan padat-cair, di mana terjadi perpindahan massa (mass transfer) dari suat zat terlarut (solute) dari cairan larutan ke fase kristal padat.

Karakter proses kristalisasi ditentukan oleh termodinamika dan faktor kinetik, yang bisa membuat proses ini sangat bervariasi dan sulit dikontrol. Faktor-faktor seperti tingkat ketidakmurnian, metode penyamburan, desain wadah, dan profil pendinginan bisa berpengaruh besar terhadap ukuran, jumlah dan bentuk kristal yang dihasilkan.

Kristalisasi biasanya terjadi pada suhu yang lebih rendah (supercooling). Ini hanya bisa berarti bahwa sebuah kristal lebih mudah dirusak daripada dibentuk. Dan ini juga berarti, biasanya lebih mudah melarutkan sebuah kristal sempurna di dalam pelarut dari pada membentuk sebuah kristal sempurna kembali dari larutan itu. Suhu rendah  ini lah yang membantu mempercepat proses kristalisasi pada madu.

Namun, Jumlah kandungan polen atau serbuk sari yang tinggi di dalam madu memperlambat proses kristalisasinya.

Baca Juga: Balon Udara Panas Tidak Terbakar?!

Bagaimana perubahan wujud benda mengkristal, ya?

Perubahan wujud benda mengkristal terjadi ketika sebuah benda cair mengeras dan menjadi benda padat.

Perubahan wujud benda mengkristal juga terjadi sebagai endapan dari benda cair atau gas. Sebuah benda yang mengkristal bisa dipengaruhi perubahan fisik seperti suhu, atau perubahan kimia seperti keasaman.

Baca Juga: Mengenal Sistem Koloid dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh benda yang mengalami perubahan wujud dari cair menjadi padat dengan cara mengkristal selain madu adalah gula pasir, teman-teman.

Batuan kristal yang ditemukan di dalam tanah juga merupakan contoh lain perubahan wujud benda mengkristal.

Baca Juga: Cegah Dan Kurangi Polusi Udara, Bagaimana Caranya?

Berarti ada banyak contoh peristiwa  perubahan wujud benda mengkristal Selain pada madu, gula pasir dan batuan . Contoh-nya saja yaitu:

1.    Lubang knalpot menjadi hitam dan mengering karena gas CO2 yang dikeluarkan menjadi padat.
2.    Terbentuknya salju dari kumpulan titik-titik air.
3.    Proses pembuatan es kering dari karbondioksida.
4.    Pembentukan es di daun tumbuhan saat musim dingin
5.    Proses dari pembuatan garam
6.    Parfum yang dimana ketika disemprot akan menjadi sebuah butiran halus
7.    Uap air yang dimana menjadi air

Baca Juga: Benarkah Merokok Dapat Membuat Suhu Tubuh Kita Menjadi Naik?

Bagaimana proses perubahan wujud benda mengkristal terjadi, ya?

Saat proses perubahan wujud mengkristal, memiliki tahap-tahapannya, yaitu:
1.    Tahap pertama yaitu kristalisasi, yang tadi sudah kita bahas. Di tahap ini  terjadilah pembentukan nukleus atau inti sel.
2.    Kemudian unit sel lain berkumpul di skitarnya, terjadilah pertumbuhan sebuah kristal di bawah pengaruh kinetik, bukan termodinamik dan kristal mulai terbentuk.

 

Mutiara Lflower

mutiaraflwr@gmail.com