Foto: Sastro Simbolon (Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan)

CitizenTN

Cegah Dan Kurangi Polusi Udara, Bagaimana Caranya?

CitizenTN 10-10-2020 | 16:22PM

Oleh: Sastro Simbolon

Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan


Polusi udara bukanlah hal yang jarang kita dengar,bukan? Polusi udara merupakan salah satu dari pencemaran udara.National Institute of Environmental Health Sciences mendefenisikan polusi udara adalah campuran zat alami dan buatan manusia di udara.Biasanya dipisahkan menjadi dua kategori yaitu polusi udara luar ruangan dan polusi udara dalam ruangan.

1. Polusi udara luar ruangan

Adalah paparan pencemaran yang terjadi diluar lingkungan buatan,contohnya adalah gas berbahaya seperti sulfur dioksida,nitrogen oksida,karbon monoksida,uap kimia dan lainnya

2. Polusi udara dalam ruangan

Adalah paparan partikel karbondioksida dan polutan lainnya yang dibawa oleh udara dalam ruangan dengan membuka jendela,pintu,ventilasi dan lainnya,contohnya adalah gas seperti karbonmonoksida,radon,dan lainnya.

Umumnya sumber polusi udara adalah asap-asap dari pabrik,kendaraan bermotor,rumah tangga,debu tanah,virus dan bakteri  dari pernafasan penderita,tepung sari dan spora tumbuhan.
Akan tetapi polusi udara ini tentu bisa dikurangi bahkan dicegah,tidak menutup kemungkinan dimulai dari diri kita masing-masing,bagaimana caranya? Berikut contoh cara pencegahan polusi udara.

Baca Juga: Benarkah Merokok Dapat Membuat Suhu Tubuh Kita Menjadi Naik?

1. Melakukan penghijauan kota
Karena tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan oksigen pada siang hari disamping menyerap karbondioksida dari udara,atau dengan kata lain memurnikan karbondioksida dan memberikan oksigen melalui fotosintesis.

Baca Juga: Suhu Mempengaruhi Pengurangan Penyebaran Virus Covid-19?

2. Mengurangi penggunaan  kendaraan bermotor
Transportasi ini merupakan penghasil oksida nitrogen terbesar.Nitrogen oksida merupakan polutan udara yang memiliki efek buruk terhadap paru-paru.

Baca Juga: Langit Siang, Sore dan Malam Berbeda?

3. Hemat energi
Terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa banyak masalah kesehatan yang timbul akibat pembakaran bahan bakar fosil.Pembakaran fosil untuk produksi energi menmbulkan polutan.Seperti sulfur dioksida dan beberapa polutan lainnya yang berbahaya.

Baca Juga: Dampak Penggunaan Minyak Bumi Yang Merugikan Masyarakat

4.Membeli dan menggunakan produk daur ulang
Setisp tahap pembuatan suatu barang,disertai dengan emisi,bahan kimia gas rumah kaca,dan polutan lainnya.Dengan menggunakan produk daur ulang,penggunaan energi dan polusi bisa berkurang.

5.Menanam pohon

Menanam pohon disekitar rumah merupakan langkah kecil yang dapat mengurangi polusi udara secara signifikan.Berdasarkan penemuan para peneliti dari University of Southamton,pohon menyerap 850-2.000 ton partikel berbahaya dari udara perkotaan setiap tahunnya.

6. Berjalan,bersepeda atau memanfaatkan tranportasi umum

Saat ini di Indonesia,terutama kota besar,pemerintah telah banyak memberikan fasilitas serta kemudahan untuk menggunakan transportasi umum saat bekerja,ini merupakan langkah yang baik untuk mengurangi polusi udara.

7.Mengurangi makan daging

Ilmuwan mengungkapkan bahwa daging sapi mnghasilkan lima kali lebih banyak emisi gas rumah kaca.Dengan mengurangi makan daging beberapa hari dalam seminggu,kamu dapat membantu menurunkan polusi udara

8. Berkebun

Cara yang paling mudah untuk berkontribusi mengurangi polusi udara adalah dengan menenam bahan makanan sendiri.Kamu bisa dengan mudah menanam dikebun dibelakang rumah,maka kita tidak perlu untuk membeli bahan makanan kepasar contohnya dengan jarak yang jauh,selain lebih hemat,pasti bebas dari bahan kimia.

9. Meningkatkan kesadaran

Seperti yang sudah dibahas diatas,sebagian besar cara menangani polusi udara ini adalah dari perilaku hidup kita sehari hari.Kita bisa menjadi contoh yang baik bagi teman,keluarga,dan lingkungan sekitar untuk melakukan perubahan,khususnya perilaku untuk mengurangi dan mencegah polusi udara.

Sastro Simbolon

simbolonsastro7@gmail.com