Foto: Ilustrasi (Istimewa).

Desaku

Desa Sumber Sari Tanpa Jaringan Internet

La Ode Ali 15-10-2020 | 15:21PM

BUTON, - Desa Sumber Sari, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara merupakan desa dengan jumlah 435 Kepala Keluarga. Namun, sayangnya di desa ini belum mempunyai jaringan internet yang memadai atau boleh dikatakan tidak ada sama sekali.

Seperti yang dikatakan Kepala Desa Sumber Sari, Djunaidi melalui Sekdesnya, I Wayang Tangkas belum lama ini. 

"Desa kami ini ibaratnya wilayah tanpa signal atau WTS," katanya.

Untuk mendapatkan jaringan internet lanjut dia, masyarakat harus mencari di beberapa titik lahan yang dianggap tidak layak, apalagi untuk anak-anak sekolah.

"Kalo untuk berkomunikasi dengan orang-orang dengan menggunakan internet, kebanyakan kita disini mencari lahan-lahan yang sebenarnya tidak layak kita gunakan, apalagi untuk anak-anak sekolah," keluhnya.

I Wayan Tangkas mengaku, pernah beberapa kali mengusulkan pengadaan jaringan internet, baik itu melalui Anggota Dewan maupun melalui Wakil Bupati Buton. Namun, hingga saat ini belum juga direalisasikan.

"Kita pernah usulkan secara lisan untuk bisa dapatkan internet melalui Dewan, pernah juga melalui Wakil Bupati, tapi memang waktu itu kita usulkan secara lisan saja, sudah sekitar beberapa tahun lalu tapi belum direalisasikan," ungkapnya.

Untuk itu ia berharap kepada semua pihak, terlebih Pemda Buton untuk bisa memikirkan kendala yang dialami masyarakat Desa Sumber Sari selama ini.