Personel Polsek Pasarwajo mengamankan dua orang anak perempuan dibawah umur usai melakukan penggrebekan di rumah salah seorang warga di Kelurahan Pasarwajo. (Foto : IST)

Regional

Diduga Jadi Tempat Prostitusi, Polisi di Buton Gerebek Rumah Salah Seorang Warga

George Ronald 25-08-2020 | 17:12PM

BUTON, - Personel Polsek Pasarwajo, Polres Buton menggerebek rumah salah seorang warga di Kelurahan Pasarwajo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, berinisial MT pada Senin (24/8/2020) malam. Rumah tersebut diduga sebagai tempat prostitusi. 

Kapolsek Pasarwajo, AKP Hartoni mengatakan kejadian tersebut bermula dari laporan masyarakat sekitar yang resah dengan adanya rumah diduga sebagai tempat prostitusi. 

"Ya memang benar anggota Polsek semalam mendatangi salah satu rumah warga  berinisial MT. Atas laporan masyarakat diduga dijadikan tempat prostitusi. Bertempat di kelurahan Pasarwajo," kata AKP Hartoni, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/8/2020). 

Dari hasil penelusuran di rumah tersebut lanjut Hartoni, pihaknya mengamankan dua orang anak perempuan dibawa umur masing-masing berusia 16 tahun. 

"Saat anggota kami ke TKP, mendapati dua orang perempuan yang berada di salah satu kamar rumah MT. Setelah ditanya keduanya mengaku masih berusia sekitar 16 tahun status pelajar di salah satu SMA Kabupaten Buton dan Kota Baubau," sebutnya. 

Meskipun demikian, saat diminta menunjukkan kartu identitas, kedua orang anak perempuan dibawah umur itu tidak dapat menunjukkan kartu identitasnya. Hanya saja keduanya mengaku sudah biasa melayani lelaki hidung belang dengan tarif 
Rp 300.000 - Rp 400.000 satu kali main. 

"Keduanya mengaku sudah biasa melayani lelaki hidung belang. Namun hal tersebut hanya dilakukan di wilayah kota baubau dengan tarif Rp 300.000 hingga Rp 400.000," ujarnya. 

Atas kejadian ini, Polsek Pasarwajo terpaksa harus mengamankan kedua orang anak dibawah umur tersebut. Upaya ini dilakukan untuk dimintai keterangan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari warga sekitar. 

"Kami juga akan menghubungi orang tua kedua perempuan tersebut," ucap pengganti IPTU Laode Made ini. 

Kepada Takawanews, kedua anak tersebut mengaku berada di rumah MT hanya sekedar menjaga teman perempuan mereka yang tengah berbadan dua atau hamil. 

Baca Juga: Seorang Pria di Buton Ditikam, Pelaku Diduga Terbakar Api Cemburu

"Kami di rumah itu hanya datang menjaga teman kami yang sedang berbadan dua temanku," ucap salah seorang anak yang diamankan Anggota Polsek Pasarwajo ini. 

Baca Juga: Niat Mengajak Istri Balik ke Rumah, Pria di Buton Ini Malah Dianiaya OTK

Sementara itu, ditempat terpisah salah  seorang warga yang meminta tidak disebutkan namanya merasa resah akan hal tersebut.

"Kami selaku warga sangat resah dengan kegiatan di rumah  MT tersebut. Karena anak saya dua orang perempuan. Kami sangat tidak mau mereka tumbuh dilingkungan yang tidak sehat seperti itu," katanya. 

Warga ini juga berharap kepada aparat kepolisian harus lebih tegas lagi menangani kejadian ini. Sebab kata dia, kegiatan ini sudah sangat lama dan hal seperti ini sudah pernah dilakukan tapi  makin menjadi bahkan sekarang ada-ada saja orang baru yang datang, rata-rata masih dibawah umur.