Penyaluran BLT DD di Desa Bonelalo, Jumat (22/5/2020) (Foto: Istimewa).

Desaku

Hari Ini, Pemdes Bonelalo Juga Salurkan BLT DD ke 54 KK

La Ode Ali 22-05-2020 | 14:38PM

BUTON, - Selain Desa Matanauwe, Pemerintah Desa (Pemdes) Bonelalo, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara juga menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap pertama ke 54 kepala keluarga (KK) yang dilakukan di Kantor Desa setempat sebagai dampak dari pandemi COVID-19, Jumat (22/5/2020).

Kepala Desa Bonelalo, La Ode Asman mengatakan, penyaluran BLT yang bersumber dari DD tersebut dilakukan setelah sekira 100 KK lebih telah dulu menerima BLT dari Kemensos yang dilaksanakan di Kelurahan Kamaru pada Kamis kemarin melalui Kantor Pos dan Giro.

"Tahap pertama ini 600 ribu per KK sebanyak 54 KK melalui DD, kalo dari BLT dari Kemensos 100 lebih KK sudah lebih dulu diterimakan di Kamaru melalui Pos dan Giro," kata Asman kepada Takawanews melalui sambungan telepon, Jumat.

Baca Juga: 227 KK Desa Lapodi Terima BLT, Kades : Semoga Bermanfaat dan Corona Segera Teratasi

Lanjut Asman, total anggaran BLT DD yang disalurkan kali sebesar Rp32.400.000. Adapun penyaluran BLT DD tahap kedua dilakukan usai hari raya idul fitri atau Bulan Juni 2020 mendatang.

"Kemungkinan tahap kedua habis lebaran sekitar bulan 6 (Juni), apakah akhir atau pertengahan," ujarnya.

Baca Juga: Hari Ini, Pemdes Bonelalo Juga Salurkan BLT DD ke 54 KK

Ia menjelaskan, munculnya nama-nama 54 KK yang menerima BLT tersebut, setelah pihaknya bersama elemen masyarakat melakukan musyawarah desa yang kemudian diperkuat dengan peraturan kepala desa.

Baca Juga: Soal Ada Warga Tidak Tercover Penerima BLT, Kades Boneatiro: Warga Itu Sudah Didatangi Tapi KK-nya Hilang

"Munculnya nama-nama peneriam BLT melalui musyawarah desa melalui musyawarah desa, khusus bersama elemen masyarakat yang kemudian terbit peraturan kepala desa," jelasnya.

Baca Juga: Pemda Buton Pastikan Shalat Idul Fitri Bisa Digelar Berjamaah di Lapangan dan di Masjid

Asman menambahkan, berdasarkan informasi dari pendamping kecamatan Lasalimu, sebanyak 18 KK akan menerima KKS dari Kemensos pada 2 Juni 2020 mendatang di Desa Bonelalo.

"Berdasarkan informasi dari pendamping kecamatan, ada tambahan 18 KK yang akan menerima kartu KKS dari Kemensos yang akan diserahkan di Desa Bonelalo pada tanggal 2 Juni. Sementara 26 KK lainnya selama ini sudah terdaftar dalam PKH dan BPNT, jadi yang 18 KKnya ini tambahan saja, dia sama dengan BPNT," pungkasnya.

Penyaluran BLT DD terhadap 54 KK tersebut antara lain turut disaksikan oleh Babinsa, Rusman dan Bhabinkamtibmas, BRIPKA Herman, serta Anggota BPD setempat.

Penulis: La Ode Ali