Foto ilustrasi

Desaku

Ini Prioritas Utama Pemdes Boneatiro Barat Tahun 2021

Rusli La Isi 18-10-2020 | 10:50AM

BUTON, -  Pemerintah Desa (Pemdes) Boneatiro Barat, Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara tahun 2021 akan menargetkan lokasi budidaya terumbu karang.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Boneatiro Barat, Ilyas saat ditemui di rumah pribadinya beberapa hari lalu.

"Tahun ini kita targetkan pengembangan budidaya terumbu karang sehingga terumbu karang yang ada di pesisir pantai ini kembali normal," katanya.

Selain budidaya terumbu karang, Pemdes Boneatiro Barat juga akan membuka sepuluh unit kerambah ikan yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat setempat.

Tak hanya itu, Pemdes Boneatiro Barat juga akan menargetkan pembukaan jalan usaha tani yang letaknya tepat berada di bagian barat Desa Boneatiro Barat sehingga nantinya jalan usaha tani tersebut bisa menembus tebing tinggi Tobungku

Tebing tinggi Tobungku tersebut rencananya akan dibuatkan taman karena dibawah tebing terdapat tempat sejarah dari Kesultanan Buton.

"Disini ada sejarah pembantaian La Bolontio yang dibunuh oleh Murhum, jadi nanti saya mau bikinkan semacam papan yang disitu tertuliskan sejarah singkat pembantaian La Bolontio, saya bikinkan gazebo-gazebo," jelasnya.

Terhadap dua kegiatan itu tambah Ilyas, akan dianggarkan melalui anggaran dana desa.