Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Murtaba Muru. (Foto : Dok Takawanews.com)

Regional

Kepala DPMD Buton : Desa yang Mengelola Anggaran Bumdes Terbaik Bakal Diberikan Reward

George Ronald 21-02-2020 | 06:24AM

BUTON,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan memberikan reward atau penghargaan kepada desa-desa yang mengelola keuangan Bumdes terbaik. Olehnya itu, setiap desa harus menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) mengenai keuangan dan kegiatan Badan Usaha Milik Desanya (Bumdes).

Kepala DPMD Kabupaten Buton, Murtaba Muru, mengatakan Pemkab Buton dibawah kepemimpinan Bupati Buton akan memberikan reward berupa piagam penghargaan bagi desa-desa yang mengelolah anggaran Bumdes terbaik. Program tersebut merupakan salah satu bagian dari nawacita Presiden Jokowi untuk meningkatkan kemandirian desa.

Ia menjelaskan penyampaian laporan keuangan Bumdes dilakukan setiap enam bulan sekali atau dua kali selama setahun. Penyampaian laporan keuangan sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh dan berkembangnya Bumdes di desa masing-masing.

"Laporannya minimal dua kali setahun. Dan untuk di Kabupaten Buton, tahun lalu belum ada  laporan yang masuk, baru tahun ini," kata Murtaba Muru, dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (20/2/2020).

Untuk ditahun ini, sebut dia, dari 67 desa di Kabupaten Buton yang memiliki Bumdes, baru dua desa yang sudah merampungkan dan melaporkan keuangan Bumdesnya. Dua desa tersebut yaitu Desa Wakalambe, Kecamatan Kapuntori, dan Desa Wabula, Kecamatan Wabula.

Terhadap desa-desa yang belum melaporkan keuangan Bumdesanya, sudah dilakukan teguran agar segera melaksanakan salah satu kewajibannya itu. Hanya saja, kata Mantan Kepala Inspektorat ini, mengakui bahwa penyebab minimnya desa yang melaporkan keuangannya tersebut, karena kendala jaringan dan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti tenaga ahli dan pendamping.

"Dalam laporan keuangan bumdes desa-desa ini hanya menyetor realisasi anggaran tapi rincian anggaran belakangan. Seharusnya rincian anggaran dulu baru realisasi," lanjutnya.

Pria yang ramah senyum ini berharap kepada semua desa di Kabupaten Buton yang telah memiliki Bumdes agar segera melaporkan perkembangan Bumdesnya. Hal ini juga dilakukan agar pembangunaa di desa dapat bersinergi dengan masyarakat serta dalam pengelolaannya sesuai dengan potensi yang terdapat didesa.

Penulis: George Ronald
Editor : Rin