Bupati Buton La Bakry saat meninjau pembangunan infrastruktur di Desa Waoleona, Kecamatan Lasalimu. Didampingi Organisasi Perangkat Daerah dan Sekcam Lasalimu, Zahaba. (Foto : IST)

Regional

Kunker di Desa Waoleona, Bupati Buton Tekankan Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Perbatasan

Rusli La Isi 25-08-2020 | 22:04PM

BUTON, -  Bupati Buton, Drs. La Bakry didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Buton, Delia Montolalu melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Desa Waoleona, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Selasa (25/8/2020). 

Desa Waoleona juara pertama pada lomba gapura dan keindahan Desa se Kabupaten Buton. Hal ini pula desa yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Buton dan Buton Utara ini dikunjungi oleh orang nomor satu di Kabupaten Buton. 

Pada kunjungannya tersebut, Bupati tak hanya sekedar tatap muka dengan masyarakat Desa Waoleona. Melainkan juga meninjau pembangunan infrastruktur di desa tersebut, seperti pembangunan Puskesmas dan lokasi untuk pembangunan pasar. 

Menurutnya, Puskesmas dan Pasar merupakan fasilitas yang harus dihadirkan di desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Buton Utara ini. Sebab, sangat penting diperhatikan dalam menunjang aktivitas dan perekonomian penduduk di desa terluar Buton. 

Dihadapan masyarakat Desa Waoleona, Ketua DPD Golkar Buton ini meminta Dinas PUPR untuk mengakomodir pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Waoleona, saat ini kondisinya cukup darurat. 

Demikian pula dengan pembangunan lampu jalan untuk menunjang Desa Waoleona sebagai daerah yang menghubungkan Kabupaten Buton dengan Kabupaten Buton Utara akan menjadi catatan Pemkab Buton. 

"Pembangunan Jalan yang menghubungkan Desa Talaga Baru dengan Desa Bonelalo juga akan menjadi perhatian kami. Termasuk usulan bantuan katinting dan rompong untuk menunjang aktivitas melaut para nelayan juga akan diupayakan Pemerintah Daerah," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut pula, mengapresiasi kerja keras dari Pemerintah Kecamatan Lasalimu dan Pemdes Waoleona atas kesuksesannya bisa meraih juara satu pada lomba pembuatan gapura dan lomba keindahan Desa se-Kabupaten Buton. 

"Desa Waoleona adalah desa yang luar biasa tahun ini, semoga mampu dipertahankan di tahun-tahun yang akan datang", ucap La Bakry. 

Diakhir kunjungannya La Bakry mengimbau masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 ini. Ia menambahkan sesuai Instruksi Presiden, Kabupaten Buton sudah merancang Perbup tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID 19 di Kabupaten Buton.

Sementara itu ditempat yang sama Pejabat Kepala Desa Waoleona, La Ode Zahaba, sangat berterimakasih kepada Bupati Buton beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton. 

"Terimakasih kepada Bupati Buton dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton berserta rombongan lainnya sudah melakukan kunjungan di Desa Waoleona karena Desa Waoleona sudah merupakan Desa paling ujung yang menjadi perbatasan dengan Kabupaten Buton Utara," katanya.

Baca Juga: Lelang Dewan Pengawas dan Direksi Perumda Mainawa Buton Terkendala Anggaran

Lanjut Sekretaris Camat Lasalimu ini, dalam waktu dekat ini, salah satu Kampus Swasta akan masuk di Desa Waoleona, sehingga dengan demikian proses belajar anak-anak yang baru tamat SMA nantinya tidak keluar dari kampung untuk melanjutkan studinya pada perguruan tinggi.

"Pihak Kampus akan bekerja sama dengan pihak Pemerintah Kecamatan Lasalimu untuk menggunakan aset sekolah di Desa Waoleona untuk proses belajar mahasiswa, dengan demikian anak-anak di Kecamatan Lasalimu umumnya  dapat lebih dekat melanjutkan pendidikannya di Desa Waoleona," tuturnya. 

Untuk diketahui, selain menyerahkan hadiah kepada Para Pemenang Lomba Keindahan dan Kebersihan Lingkungan antar RT yang diadakan Pemerintah Desa Waoleona untuk menyemarakkan Peringatan HUT RI ke 75, Bupati juga melakukan tatap muka dengan para Kepala Desa se Kecamatan Lasalimu.

Baca Juga: Berikut Nama-nama Pemenang Lomba Kampung Tangguh,Pembuatan Gapura, dan Lomba Keindahan Desa di Buton

Dalam kunkernya tersebut, Bupati Buton juga didampingi Asisten I, Alimani, Kepala Dinas Perhubungan, Nasbah, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Djufri, Plt Kepala Dinas PUPR, Djufri ST dan Perwakilan Dinas Pertanian.