Suasana rapat paripurna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 75, di Kantor DPRD Buton. (Foto : George Ronald/ Takawanews)

Regional

La Bakry Ajak Semua Pihak Bersama Mencegah Stunting

George Ronald 14-08-2020 | 19:23PM

BUTON, - DPRD Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara melaksanakan sidang paripurna dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 75, pada Jumat (14/8/2020). 

Namun rapat paripurna kali ini cukup berbeda, sebab Bupati Buton, La Bakry menyampaikan pidatonya secara online melalui video conference (vidcon). 

Pada kesempatan ini Bupati Buton menyinggung soal tumbuh kembang anak atau stunting di wilayahnya. Menurutnya, di usia kemerdekaan RI ke - 75 tahun, masih ada pekerjaan rumah yang menjadi agenda nasional yaitu masalah stunting 

Stunting merupakan kondisi gangguan tumbuh kembang anak. Stunting bisa mengganggu aktifitas dan kesehatan anak ke depan. Disamping itu pula bisa berpengaruh pada ekonomi suatu wilayah karena akan berdampak pada pembiayaannya. 

Baca Juga: Pemkab Buton Buka Pelayanan Rapid Test di Kantor BPBD

Olehnya itu, Lanjut Ketua DPD Golkar Buton pencegahan stunting butuh kolaborasi dari berbagai pihak yang menjadi tanggungjawab bersama mulai dari keluarga. Karena pencegahab stunting bukanlah hal yang dapat dilihat hasilnya dengan cepat tetapi minimal upaya pencegahan itu dapat dilakukan sedini mungkin agar tidak berdampak dikemudian hari. 

Baca Juga: Bacakan Pidato Sambut HUT RI ke-75 secara Virtual, Bupati: Buton Harus jadi Daerah yang Dihormati dan Bermartabat

"Kebersamaan itu yang harus terus dikembangkan agar manusia Kabupaten Buton dapat tumbuh dalam lingkungan yang cerdas," ujarnya. 

Ia menambahkan semua hal terutama keberhasilan, kekuatan dan kebersamaan itu harus dijaga dan terus dikembangkan sedini mungkin agar masyarakat Buton dapat tumbuh dalam lingkungan yang memberikan mereka modal kecerdasan, modal akhlak yang amat mulia untuk melangkah semakin pasti kedepan.