Masyarakat Desa Mega Bahari dapat bantuan septic tank dari Pemda Buton (Foto: Rusli La Isi/TakawaNews).

Desaku

Masyarakat Desa Mega Bahari Dapat Septic Tank Gratis dari Pemda Buton

Rusli La Isi 27-10-2020 | 07:52AM

BUTON, - Masyarakat Desa Mega Bahari, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara tahun ini telah mendapatkan bantuan 50 buah septic tank gratis dari Pemda Buton.

Kepala Desa Mega Bahari, La Suma mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Buton.

"Septic tank itu sudah di pabrik memang, sudah disiapkan khusus, jadi saat ini masyarakat tidak lagi menggali tanah untuk membuat jamban secara manual tetapi jamban saat ini sudah melalui septic tank," katanya saat ditemui di rumah pribadinya beberapa hari lalu.

"Jadi kita disini ada 50 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan Septic tank tersebut dari Dinas PU Kabupaten Buton, saat ini kita sudah mulai salurkan pada masyarakat," sambungnya.

Septic tank tersebut tambah La Suma, pengelolaannya sudah ramah lingkungan sehingga air limbahnya maupun kotorannya sudah tidak lagi tercemar kemana-mana.

"Nanti septic tank itu sudah full maka kotorannya tersebut bisa disedot lagi karena dia mempunyai dua lubang, lubang pertama untuk masuknya kotoran dan lubang ke dua untuk pengeluaran disaat sudah full nanti," ungkapnya.