Foto: Anastasya Siregar (Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan)

CitizenTN

Mengenal Macam-Macam Energi dan Sumbernya Dalam Kehidupan

CitizenTN 12-10-2020 | 21:50PM

Oleh: Anastasya Siregar
Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan

Energi merupakan sesuatu yang sifatnya abstrak dan sulit untuk dibuktikan, akan tetapi dapat dirasakan keberadaannya. Di dalam kehidupan, kita sebagai manusia membutuhkan energi untuk menjalani hidup sehari-hari. Tanpa adanya energi, manusia dan makhluk hidup lainnya akan kesulitan dalam melakukan sesuatu. Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, melainkan hanya bisa diubah/dikonversi menjadi bentuk lain, sesuai hukum kekekalan energi.

Energi dibagi menjadi dua, yaitu energi yang dapat diperbaharui dan energi yang tidak dapat diperbaharui. energi yang dapat diperbarui adalah sumber daya energi yang dapat terus digunakan tanpa batas waktu tertentu dan tidak akan pernah habis misalnya angin, air, cahaya, dsb. Sedangkan Sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya energi yang akan habis bila terus digunakan dan tidak dapat dbentuk kembali misalnya minyak bumi.

Sebagai kekuatan utama di dalam kehidupan, energi memiliki macam bentuk yang dapat dimanfaatkan dan bekerja sesuai dengan kebutuhannya.Macam-macam Energi yaitu:

1. Energi Kinetik (Gerak)
Energi kinetik atau energi gerak adalah jenis energi yang ada dalam gerakan atau energi yang berhubungan dengan gerakan suatu benda. Semakin besar kecepatan suatu benda bergerak, maka semakin besar pula besaran energi kinetik yang dihasilkan.

2. Energi Kalor (Panas)
Energi kalor atau energi panas merupakan jenis energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan wujud zat tertentu. Energi kalor ini umumnya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk bentuk energi lainnya.
Energi kalor yang paling besar bisa kita dapat dari panas matahari. Matahari yang berasal dari cahaya memiliki suhu yang sangat tinggi. Sumber-sumber panas juga bisa didapat dari benda lainnya seperti kompor, korek, dan lainnya. Sumber energi kalor ini nantinya akan memberikan pengaruh pada benda di dekatnya atau yang menempel sehingga benda tersebut mengalami perubahan suhu. Jika sebuah benda terkena kalor hingga mencapai titik didih maka benda tersebut dikatakan sebagai mendidih.

3. Energi Bunyi
Energi bunyi merupakan bentuk energi yang dihasilkan dari suatu benda yang bergetar. Partikel partikel udara yang bergetar tersebut menimbulkan getaran bunyi. Benda yang dapat menghasilkan bunyi dapat disebut sumber bunyi.Sumber bunyi dapat bergetar akibat pukulan, petikan, tiupan maupun gesekan. Sumber energi bunyi ada bermacam-macam. Manusia juga dapat menghasilkan bunyi karena memiliki pita suara.

4. Energi Potensial
Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda dikarenakan posisinya atau kedudukannya terhadap suatu acuan. Pada dasarnya, semua benda di atas permukaan bumi memiliki energi potensial yang disebebkan oleh gaya gravitasi di bumi.Energi potensial juga bisa dimiliki oleh benda dalam keadaan tertekan seperti panah yang akan dilepaskan dari busurnya.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk, Mengapa Madu Merupakan Perubahan Wujud Yang Mengkristal?  

5. Energi Listrik
Energi listrik adalah jenis energi yang timbul karena adanya perpindahan muatan-muatan listrik. Energi listrik menjadi jenis energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Listrik digunakan untuk menghidupkan alat-alat elektronik dalam kehidupan.Biasanya listrik berasal dari pembangkit listrik, misalnya: PLTA, PLTB, PLTD (diesel), PLTM, PLTS (surya), PLTU, dan lainnya.

Baca Juga: Gas Air Mata Pemecah Demonstrasi

6. Energi Cahaya
Energi cahaya merupakan jenis energi yang diperoleh dari benda-benda yang mampu memancarkan cahaya. matahari merupakan sumber dari energi penerangan yang paling besar di dunia. Adapun contoh dari energi ini adalah matahari, api, bintang, lampu listrik, lilin, lampu senter, kilat dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ternyata Suhu Benda Dipengaruhi Oleh Kalor??!

7. Energi Pegas
Energi pegas merupakan salah satu jenis energi yang ada pada semua benda lentur atau elastis. Saat kita memberikan gaya pada benda, maka energi yang dihasilkan ialah energi potensial. Sedangkan, saat dilepaskan, maka energinya berubah menjadi energi kinetik. Contoh dari energy pegas yang dapat kita temui sehari-hari yaitu seperti per, busur panah, ketapel, dan sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Koloid Dalam Kehidupan Sehari-hari, Yang Tidak Banyak Diketahui

8. Energi Kimia
Energi kimia adalah salah satu bentuk energi, yang tersimpan dalam ikatan kimia antar atom dan dapat diubah menjadi bentuk energi lain melalui reaksi kimia. Energi kimia merupakan jenis energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia. Energi ini dihasilkan oleh suatu zat yang membentuk proses reaksi kimia untuk diubah menjadi energi tertentu. Makanan yang sering kita makan juga mengandung unsur kimia.

Baca Juga: Termos yang Berisi Air Panas Tidak Terasa Panas Saat Dipegang. Sulapkah?

9. Energi Nuklir
Energi nuklir adalah jenis energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi di inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel lain.Energi nuklir juga dapat dihasilkan dari reaksi dua inti atom ringan yang menghasil inti atom yang lebih berat sekaligus menghasilkan energi, reaksi ini disebut reaksi fusi. pada saat ini energi nuklir dari reaksi fisi sudah dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Anastasya Siregar

anastasyasiregar12@gmail.com