Ilustrasi

Desaku

Miris! Warga Desa Boneatiro Barat yang Berusia Dibawah 35 Tahun Belum Kenal Dunia Pendidikan, Jumlahnya Capai Puluhan Orang

Rusli La Isi 17-10-2020 | 19:15PM

BUTON, -  Dibawah usia 35 tahun, warga Desa Boneatiro Barat, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara belum mengenal dunia pendidikan.

Jumlahnyapun mencapai 74 orang. Mereka belum pernah sama sekali mengenyam pendidikan formal atau duduk dibangku sekolah.

Kepala Desa Boneatiro Barat, Ilyas mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton Desa Boneatiro Barat masuk dalam kategori desa tertinggal.

"Kami juga ini kemarin dapat surat dari DPMD penilaian indeksnya desa ini termaksud Desa Boneatiro Barat ini yang tertinggal sekali, kami masuk kategori tertinggal," katanya saat ditemui di rumah pribadinya beberapa hari lalu.

"Salah satu ketegorinya itu adalah sumber daya manusianya itu, banyak sekali yang tidak sekolah disini sehingga dalam suratnya itu kami disuruh untuk melakukan pendataan," sambungnya.

Meski begitu kata Ilyas, berdasarkan informasi dari DPMD Buton, nantinya warga Desa Boneatiro Barat yang belum sekali merasakan bangku pendidikan tersebut, akan diikutkan dalam ujian paket, mulai dari paket SD, SMP, hingga SMA/Sederajat.

"Makanya kemarin kami dalam surat juga itu disuruh didata itu, mungkin katanya informasinya disejajarkan kalau yang SD paket A, SMP paket B dan SMA paket C," ungkapnya.