Ilustrasi

Desaku

Nelayan Desa Boneatiro Barat Sering Diancam akan Dibom, Pemda Buton Diminta Turun Tangan

Rusli La Isi 17-10-2020 | 19:49PM

BUTON, - Masyarakat nelayan di Desa Boneatiro Barat, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara merasa tidak aman karena kerap kali mendapat ancaman dari para nelayan yang berasal dari luar Desa Boneatiro Barat.

Untuk itu, Pemda Buton diminta turun tangan untuk melakukan pengawasan terhadap wilayah pesisir Desa Boneatiro Barat, karena wilayah pesisir desa tersebut memiliki potensi perikanan dan terumbu karang, sayangnya saat ini sudah tidak terawat.

"Saat ini terumbu karangnya sudah tidak terawat karena saat ini kami telah dikuasai nelayan dari luar daerah, kalau nelayan disini masih tradisional dalam melakukan pemanfaatan, berbeda dengan nelayan dari luar mereka pemanfaatannya melalui bom dan potas," kata Kades Boneatiro Barat, Ilyas kepada media ini saat ditemui di kediamannya beberapa hari lalu.

"Itu yang menjadi kendala kita pada hari ini sehingga kami meminta untuk di backup kalau misalnya ada patroli air mohon untuk ditempatkan juga disini agar bisa melindungi masyarakat kami yang mayoritas adalah nelayan," pinta Ilyas.

Sejauh ini lanjut dia, Pemdes Boneatiro Barat bersama masyarakat sudah berupaya maksimal agar para nelayan dari luar tidak lagi menggunakan bom ataupun potas di perairan Boneatiro Barat, namun mereka justru mendapat ancaman dari para nelayan yang berasal dari luar desa tersebut.

"Sebenarnya rencananya kami itu di beck up kalau ada patroli karena tapi kalau hanya masyarakat dan Pemdes itu bawaannya kami selalu diancam untuk di bom juga begitu," ungkapnya.