Ilustrasi

Desaku

Pandemi Covid-19 Tak Berpengaruh Terhadap Pembangunan Fisik di Desa Waondo Wolio

La Ode Ali 13-12-2020 | 03:14AM

BUTON, - Walau ditengah pandemi Covid-19, namun tak berpengaruh terhadap proses pembangunan fisik di Desa Waondo Wolio, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. 

Kepala Desa Waondo Wolio, Zul Ifan mengatakan, sejumlah pembanguan fisik yang sudah selesai dikerjakan ditahun 2020 ini yaitu antara lain, talud, WC, dan pengerasan jalan usaha tani.

"Program fisik itu ada beberapa item. Pertama, talud sepanjang 30 meter dengan anggaran sekitar 40 juta lebih, kemudian drainase sepanjang 55 meter dengan anggaran sekitar 55 juta, WC dengan total anggaran 24 juta, dan pengerasan jalan usaha tani sepanjang 1.421 meter dengan anggaran 265 juta, dan semuanya sudah selesai dikerjakan," kata Zul Ifan, Sabtu (12/12/2020).

Selain itu lanjut dia, program yang saat ini masih sementara berjalan yaitu pengadaan bibit pala.

"Pengadaan bibit pala sementara berjalan, tiba dulu semua bibitnya baru dibagi ke masyarakat, yang baru tiba itu sekitar 3000 anakan, perencanaannya 9000 anakan, dan kalo tidak ada halangan Insya Allah minggu depan tiba, anggarannya itu sekitar 145 juta," ungkapnya.

Sementara tambah Zul Ifan, program yang tidak terealisasi yaitu pengadaan handtraktor. Namun, hal itu bukan dikarenakan pandemi Covid-19, tetapi salah perencanaan oleh pendamping. 

"Perencanaannya salah, dianggaran kita 40 juta oleh pendamping, padahal ternyata kalo sampe disini (Desa Waondo Wolio-red) sekitar 49 juta, sudah termasuk pajak dan lain-lainnya," pungkasnya.