Ilustrasi

Desaku

Pemdes Lambusango Timur Bakal Kembangkan Wisata Pendakian Padang Kuku

Rusli La Isi 17-10-2020 | 16:29PM

BUTON, -  Genjot wisatanya, Pemerintah Desa (Pemdes) Lambusango Timur, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara akan mengembangkan wisata Pendakian Padang Kuku.

Kepala Desa Lambusango Timur, La Mangke mengatakan, satu-satunya wisata yang akan dikembangkan oleh Pemdes Lambusango Timur adalah wisata Pendakian Padang Kuku karena menurutnya hanya wisata itu yang dapat dikembangkan oleh Pemdes Lambusango Timur.

"Disini tidak ada wisata lain, satu-satunya wisata yang ada itu hanya wisata Pendakian Padang Kuku," katanya saat ditemui di rumah pribadinya beberapa hari lalu.

Dikatakan, setiap hari Sabtu dan Minggu banyak sekali para wisatawan yang naik ke Pendakian Padang Kuku karena pemandangannya yang begitu menakjubkan.

"Mereka datang dari berbagai daerah, ada dari Kota Baubau, Buteng, Butur, Busel dan daerah-daerah lainnya dan kemarin ada 23 orang baru turun juga dari Pendakian Padang Kuku," ungkapnya.

Jarak tempuh Wisata Pendakian Padang Kuku dari perkampungan yaitu berkisar 2 kilometer yang hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki.

"Tidak bisa menggunakan kendaraan karena pendakiannya sangat tinggi sekali, mulai start itu kita sudah mendaki terus" tuturnya.

"Kalau untuk laki-laki yang mendaki kurang lebih satu jam setengah, untuk perempuan mungkin dua jam baru sampai di Pendakian Padang Kuku," sambungnya.

Retribusi yang dipungut terhadap para pengunjung tambah La Mangke, yaitu Rp5000 untuk kendaraan roda dua (motor) dan Rp10000 untuk roda empat atau mobil.

"Tahun ini kita sudah memungut retribusi, tapi yang kita pungut hanya retribusi pada lahan parkir saja, kalau motor 5000 dan mobil 10000," sebutnya.