Kepala Sekolah SMAN 1 Pasarwajo, Armuddin saat mengecek proses PPDB tahun ajaran 2020/2021. (Foto : George Ronal/Takawanews)

Regional

Pendaftar PPDB SMAN 1 Pasarwajo Lampaui Kuota

George Ronald 09-07-2020 | 15:03PM

BUTON, -  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara tahun ajaran 2020/2021 resmi ditutup. Sejak dibuka secara online pada 22 Juni - 4 Juli 2020 jumlah pendaftar melampaui kuota. 

Kepala Sekolah SMAN 1 Pasarwajo, Armuddin menyebutkan pendaftar PPDB online sebanyak 360 orang. Terdiri dari zonasi 248 orang, prestasi 85 orang, afirmasi 32 orang dan mutasi 2 orang. 

"Dari sekian kuota, yang banyak mendaftar dari zonasi. Hal itu akan kami pindahkan ke jalur yang kosong seperti  afirmasi dan mutasi. Dari sekian jumlah tersebut ada sekitar 21 orang yang kami tolak. 8 orang dari zonasi serta 13 orang dari prestasi," katanya, ditemui di ruang kerjanya Rabu (8/7/2020). 

Setelah itu, lanjut dia, pendaftar PPDB yang dinyatakan lulus tersebut akan mengikuti pendaftaran ulang pada 8 - 9 Juli 2020. Adapun berkas yang disetor saat pendaftaran ulang ini yaitu data nilai raport.  

"Kami meminta data nilai raport untuk penjurusan. Karena sehubungan dengan itu, Kami membuka dua peminatan IPA 6 kelas dan IPS 4 kelas. Jadi total kelas yang dibuka ada 10 kelas," ucapnya.

"Untuk pendaftaran ulang mulai dibuka hari ini selama dua hari dengan besok. Itupun dilakukan secara daring atau online. Dan penyetoran berkas fisik akan ditentukan oleh sekolah, bisa jadi setelah selesai pandemi covid-19 ini," sambungnya. 

Baca Juga: Tahun Ini, 13.984 Siswa di Buton Dapat Dana KIP dari Kemendikbud

Seyogyanya lanjut dia, SMA 1 Pasarwajo memulai proses belajar mengajar pada 13 Juli 2020. Namun karena Kabupaten Buton masih masuk zona merah Covid-19, maka dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra belum memperbolehkan SMA, SMK Sederajat di Kabupaten Buton untuk melaksanakan proses belajar mengajar. 

Baca Juga: Status Akper Buton Jadi Wewenang Kemenkes, Djufri : Izin Dari Kemendikbud

"Kemarin kami zoom meeting bersama  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, proses belajar mengajar atau tatap muka secara langsung itu diberlakukan bagi daerah zona hijau, tapi untuk saat ini  Kabupaten Buton masih termasuk dalam zona merah. Jadi  tanggal 13 Juli mendatang belum diperbolehkan untuk kegiatan tatap muka tersebut," jelasnya. 

Penulis : George Ronal

Editor : Rin