Foto: Nur Ikhwanina Nasution (Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan)

CitizenTN

Penjelajahan Suhu di Daerah Laut dan Pegunungan

CitizenTN 13-10-2020 | 22:22PM

Oleh: Nur Ikhwanina Nasution

Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan

 

Apakah kalian tau apa sih bedanya suhu di laut dan di pegunungan? Pasti sih banyak yang belum tau bedanya dimana, sekarang kita akan tau dimana beda suhu di daerah laut dan pegunungan.

Jadi disini saya akan menjelaskan tentang apa sih Suhu itu?

Suhu adalah sebuah besaran yang menyatakan tingkatan panas atau dingin suatu benda secara nyata. Untuk mengukur suhu, diperlukan sebuah alat ukur yang bernama thermometer. Dengan menggunakan thermometer, kita dapat mengetahui suhu sebuah benda secara nyata. Dengan semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing - masing bergerak baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan. Makin tinggi energi atom-atom penyusun benda makin tinggi suhu benda tersebut.

Dan selanjutnya saya akan menjelaskan apa itu laut dan pegunungan?

Laut adalah sistem perairan samudra berair asin yang saling terhubung di Bumi yang dianggap sebagai satu samudra global atau sebagai beberapa samudra utama. Laut mempengaruhi iklim Bumi dan memiliki peran penting dalam siklus air, siklus karbon, dan siklus nitrogen. Dengan itu laut telah dijelajahi dan di arungi sejak zaman Prasejarah

Baca Juga: Ternyata Suhu Benda Dipengaruhi Oleh Kalor??!

Wilayah yang kaya akan nutrien ini dihuni oleh kehidupan yang menjadi sumber makanan bagi manusia seperti ikan, mamalia, krustasea, moluska, dan rumput laut, baik yang ditangkap dari alam liar maupun yang dikembangkan dalam tambak. Laut merupakan unsur yang sangat penting bagi aktivitas perdagangan, transportasi, dan industri manusia serta sebagai sumber tenaga pembangkit listrik.

Baca Juga: Gas Air Mata Pemecah Demonstrasi

Pegunungan merupakan salah satu bentang alam yang sudah banyak kita temui. Di Indonesia sendiri, pegunungan ini sangat banyak sekali jumlahnya. Sehingga pegunungan yang ada di Indonesia hampir berada di setiap pulau di Indonesia. Selain pegunungan membawa potensi kekayaan alam yang besar, pegunungan juga memberikan pemandangan yang sangat indah. Hal inilah yang menyebabkan pegunungan sering kali dijadikan sebagai tempat wisata bagi orang - orang yang tinggal di kota dan cuaca dipegunungan dingin merasakan sejuknya alam Indonesia. Tidak mengherankan bahwa daerah pegunungan ini seringkali di banjiri wisatawan, baik pada musim liburan maupun setiap weekend tiba.

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Energi dan Sumbernya Dalam Kehidupan

Jadi suhu laut itu bergantung pada tingkat radiasi matahari yang diterima. Di wilayah tropis, Matahari hampir berada tepat di zenit, sehingga suhu di permukaan laut dapat naik hingga lebih dari 30 °C. Sementara itu, di dekat wilayah kutub, suhu permukaan berada dalam keseimbangan dengan es laut yaitu sekitar -2 °C. Perbedaan suhu tersebut menjadi faktor yang mendorong sirkulasi arus air di samudra. Arus hangat di permukaan mengalami pendinginan seiring pergerakannya menjauhi wilayah tropis. Peristiwa ini membuat air menjadi lebih padat dan bergerak turun ke bawah samudra. Sementara itu, air dingin dari arus laut dalam bergerak ke wilayah khatulistiwa, dengan didorong oleh perubahan suhu dan kepadatan air, sehingga naik kembali ke permukaan. Air di laut dalam memiliki suhu sekitar -2 °C hingga 5 °C di seluruh dunia.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk, Mengapa Madu Merupakan Perubahan Wujud Yang Mengkristal?  

Nah semakin tinggi kita dari permukaan laut, maka tekanan udaranya semakin rendah. Pada kondisi dengan tekanan udara yang rendah ini, molekul udara akan bergerak lebih lambat, sehingga tidak ada tabrakan antar molekul udara yang terjadi. Hasilnya, tercipta lebih sedikit panas, suhu akan terasa lebih dingin.

Nur Ikhwanina Nasution

ninanasution766@gmail.com