Foto: ELA GRAFIKA BR KARO (Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan)

CitizenTN

Perubahan Suhu dan Curah Hujan Berdampak pada Kualitas Air

CitizenTN 15-10-2020 | 12:14PM

Oleh: Ela Grafika BR Karo

Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan, Medan

Dewasa ini, semua pasti tahu apa itu suhu namun belum tentu tahu bagaimana proses perubahan suhu. Dalam artikel ini akan dibahas secara jelas apa itu suhu dan perubahannya. Dalam ilmu pengetahuan alam, suhu adalah derajad atau tingkat panas dinginnya suatu keadaan. Dengan menggunakan besaran suhu ini, dapat menentukan panas dan dingin suatu keadaan secara pasti. Suhu termasuk besaran pokok dan dalam SI satuan suhu adalah Kelvin (K), tetapi di Indonesia besaran suhu yang sering digunakan adalah Celsius (ºC).

Ukuran kuantitatif terhadap termometer, panas dan dingin diukur dengan termometer. Termometer berasal dari bahasa yunani, yaitu thermos artinya panas, dan  meter artinya mengukur. Jadi, thermometer merupakan alat untuk mengukur suhu dan menyatakannya dengan angka. Termometer biasanya berbentuk sebuah pipa kaca sempit tertutup yang diisi dengan zat cair, seperti air raksa. Termometer dibagi 4 jenis yaitu :

- Celcius adalah skala suhu yang didesain supaya titik beku air berada pada 0 derajat serta titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosferik standar.

- Fahrenheit adalah skala suhu termodinamika, dimana titik beku air ialah 32 derajat Fahrenheit (°F) dan juga titik didih nya 212 °F (pada tekanan standar atmosfer).

-  Reaumur yaitutitik beku air ialah 0 derajat Réaumur, titik didih air yakni 80 derajat.

-  Kelvin adalah skala suhu yangmana nol absolut tersebut didefinisikan sebagai 0 K.

Perbandingan diantara satu macam termometer dengan yang lainnya itu mengikuti:

1.    C:R:(F-32) = 5:4:9
2.    K = C + 273.(derajat)

Sebab dari Kelvin ke derajat Celcius, Kelvin tersebut memulai dari 273 derajat, tidak dari-273 derajat. dan juga derajat Celcius dimulai dari 0 derajat. Suhu Kelvin itu sama perbandingannya terhadap derajat Celcius yakni 5:5, maka untuk mengubah suhu itu ke suhu yang lainnya, lebih baik memakai atau juga mengubahnya ke derajat Cecius , sebab apabila kita memakai Kelvin akan lebih rumit untuk dapat mengubahnya ke suhu yang lainnya.

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Energi dan Sumbernya Dalam Kehidupan

Alat ukur

Termometer adalah alat ukur suhu dengan air raksa atau alkohol. kata termometer ini diambil dari dua kata yakni “thermo” yang artinya “panas” serta meter yang artinya adalah “mengukur”.

a.     Pemuaian Zat Cair

Adapun Informasi tentang pemuaian zat cair adalah tambahan volume zat cair jika dipanasi disebut muai ruang, pemuaian zat c    air dapat diselidiki dengan sebuah dilatometer, yaitu sebuah labu gelas     yang mempunyai pipa kecil berskala, Pemuaian berbagai zat cair berbeda-beda, hal ini disebabkan adanya perbedaan koefisien muai ruang zat cair

b.     Pemuaian Zat Gas terjadi pemuaian udara atau gas di dalam ban. Pemuaian tersebut terjadi karena adanya kenaikan suhu udara di ban mobil akibat gesekan roda dengan aspal.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk, Mengapa Madu Merupakan Perubahan Wujud Yang Mengkristal?  

Termometer yang biasanya paling sering dipakai antara lain sebagai berikut:

Termometer bulb (air raksa atau alkohol)

Memakai bulb (gelembung besar) pada ujung bawahnya itu tempat untuk dapat penampung cairan, serta juga tabung sempit (lubang kaliper) ialah sebagai penekan perubahan volume atau juga tempat pemuaian cairan.Pada prinsipnya suatu cairan volumenya itu berubah sesuai dengan temperatur. Cairan yang disisikan terkadang alkohol yang berwarna namun terkadangn juga dapat cairan metalik yang disebut dengan merkuri, kedua-duanya itu dapat memuai apabila dipanaskan dan juga serta menyusut apabila didinginkan.

Baca Juga: Gas Air Mata Pemecah Demonstrasi

Termometer spring

Memakai coil (plat pipih) yang terbuat dari bahan logam yang sensitif terhadap panas, Pada ujung spering terdapat pointer

Termometer nonkontak

Termometer inframerah ini dapat mendeteksi temperatur dengan optik selama objek tersebut diamati, radiasi energi sinar inframerah diukur, dan juga diberikan ialah sebagai suhu, dengan mempengaruhi jumlah energi inframerah yang dipancarkan objek dan juga tentu emisinya, temperatur objek dapat kita bedakan.

Termometer elektronik

Dua jenis yang dipakai pada suatu pengolahan, yakni thermocouple serta resistance thermometer. Biasanya, industri memakai nominal resistan itu 100 ohm pada 0 °C sehingga disebut juga sebagai sensor Pt-100.

ELA GRAFIKA BR KARO

elagrafikabrkaro@gmail.com