Ilustrasi

Regional

Soal Dugaan Tabrak Lari di Baubau, Kasatlantas: Sopirnya Langsung Menyerahkan Diri

La Ode Ali 18-10-2020 | 12:33PM

BAUBAU, - Setelah mengalami insiden kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di Simpangan Liabuku, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara pada Sabtu (17/10/2020) malam sekira pukul 21.00 WITA, akhrinya sopir mobil berinisial YY yang berusia sekira 40 tahun lebih itu langsung menyerahkan diri ke Satlantas Polres Baubau.

YY menyerahkan diri ke Kantor Satlantas Polres Baubau sekira dua jam setelah insiden tersebut, tepatnya pukul 23.00 WITA.

"Tadi malam sekitar jam 11 itu dia (Sopir) langsung datang menyerahkan diri ke Lantas, dia diantar sama keluarganya, intinya dia mau bertanggungjawab, tapi dia minta dulu perlindungan dilalulintaskan," kata Kasatlantas Polres Baubau, AKP Sugiri melalui sambungan telepon, Minggu (18/10/2020) siang.

Diwaktu yang sama, polisi juga langsung mengamankan mobil yang dikendarai YY untuk proses penyelidikan lanjutan.

YY kata Sugiri merupakan warga Kota Baubau, sementara mobil yang dikendarainya merupakan mobil milik paman YY yang diketahui adalah warga Kecamatan Kapontori, Buton.

Dari hasil penyelidikan polisi lanjut Sugiri, YY tidak berniat melarikan diri pasca insiden itu. Namun, karena kwatir diamuk massa, maka ia putuskan untuk terus jalan menuju Kota Baubau.

"Dia mau berhenti, tapi karena panik dengan anak isitrinya yang ada dalam mobil itu, mereka kaget dan histeris, takut diamuk massa, dia tidak pikirkan keselamatannya tapi keselamatan anak istrinya ini," jelasnya.

Selain itu tambah Kasatlantas, jika dilihat dari posisi kendaraan, sebenarnya yang menabrak itu bukan mobil,  tapi motor.

"Sebetulnya yang nabrak motor, karena dia dibagian kanan, dibagian bodinya mobilkan, posisinya itu tiba-tiba," ungkapnya.

"Mobil mau kearah Baubau, kalo motor menuju kearah Bungi, mobil itu lurus, motor mau belok sebelah kiri, dan misalnya sekitar 1 detik aja lewat mobil itu, tidak akan terjadi ini kecelakaan, yang punya mobil aja tiba-tiba kaget karena ada suara, dia ditabrak dari sebelah kanan mobil," jelas Sugiri.

Sementara itu, kedua korban masing-masing berjenis kelamin laki-laki perempuan tersebut hanya mengalami luka ringan dan tadi malam sudah sadarkan diri.

"Korban tadi malam sudah sadar, hanya luka-luka ringan, mereka berboncengan," kata Sugiri.

Saat ini YY masih diamankan di Kantor Satlantas Polres Baubau untuk proses penyelidikan. Namun, terhadap YY tidak dilakukan penahanan.

"Jadi sekarang tergantung mereka (Sopir dan korban-red) apa mau diatur secara kekeluargaan, tapi intinya itu sopir dia mau bertanggungjawab," pungkasnya.