Camat Pasarwajo, Amruddin didampingi Pejabat Kepala Desa Banabungi, La Sugi dan Ketua BPD Banabungi, Faharuddin saat memimpin rapat Musyawarah Desa tentang penyusunan RKPD 2021. (Foto : George Ronald/Takawanews)

Desaku

Tahun Depan Desa Banabungi Bakal Bangun Waterboom

George Ronald 19-09-2020 | 21:07PM

BUTON, - Pemerintah Desa (Pemdes)  Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara akan membangun Waterboom berlokasi di Kali Banabungi (Kali Biru). 

Waterboom ini dipastikan akan dibangun tahun 2021 mendatang. Pembangunan wahana Waterboom ini berdasarkan Musyawarah Desa tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) pada Tahun Anggaran 2021, Sabtu (19/9/2020). 

"Kedepan banabungi sebagai desa wisata harus terwujud dengan adanya pembangunan wahana waterbom, dan akan dirancang kali lakua tersebut menjadi singapura mini. Jadi tidak hanya namanya saja, namun menjadi relaksasi kebutuhan masyarakat baik dari dalam maupun dari luar," kata Camat Pasarwajo, Amruddin saat menghadiri Musyawarah Desa. 

Menurutnya, pembangunan Waterboom ini membutuhkan dukungan dan keterampilan serta keseriusan oleh semua pihak. Sebab, kegiatan ini bersumber dari anggaran dana desa yang tidak sedikit jumlahnya. 

"Dukungan dan keterampilan serta keseriusan sangat dibutuhkan. Mengapa demikian?. Karena anggaran untuk desa 2021 jangan jadi barang mati namun harus mendatangkan pundi-pundi bagi desa ini agar ada pemasukkan buat desa juga," ujarnya. 

Amruddin juga sepakat dengan usulan Pemerintah Desa terkait pembuatan Website desa untuk memuat topografi dan profil desa. Hal ini sering dianggap biasa, namun sebenarnya sangat bermanfaat. Terlebih lagi, saat ini merupakan zaman perkembangan tekhnologi. 

Ditempat yang sama, Pejabat Kepala Desa Banabungi, La Sugi mengungkapkan Banabungi merupakan salah satu desa yang memiliki potensi alam yang tak kalah saing dengan desa lain di Indonesia. 

Olehnya itu, membangun destinasi wisata dengan memanfaatkan potensi alam di desa sangat dibutuhkan. Disamping untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat juga meningkatkan Pendapatan Asli Desa. 

"Sepakat sekali membangun potensi alam desa ini, karena di samping untuk perputaran ekonomi, akan sangat bangganya hal tersebut juga bisa menjadi salah satu ikon desa kita," katanya. 

Baca Juga: World Cleanup Day, Komunitas ASPAL Buton Kembali Beraksi

Sementara itu, Ketua BPD Desa Banabungi, Fajaruddin sangat antusias dengan program pemerintah desa terkait pengembangan potensi wisata desa pada tahun depan. Meski begitu, ia berharap pembangunan destinasi wisata ini harus dimaksimalkan dengan baik, sehingga tidak menjadi sia-sia. 

Baca Juga: Lawan Corona, Pemdes Wabula Satu Ajak Warganya Senam Pagi Bersama

"Jadi pembangunan ini, kita pelajari dari yang sudah-sudah. Harus ada yang unik. Jangan setelah dibangun, tidak ada tindak lanjutnya dari masyarakat. Ini juga agar wisatawan yang datang merasa aman dan akan terkenang terus, sehingga mau kembali berkunjung," pungkasnya.