Kepala SMAN 1 Pasarwajo, Armuddin. (Foto : IST)

Regional

Tahun Ini SMAN 1 Pasarwajo Buka Sekolah Kelas Jauh

George Ronald 09-07-2020 | 16:04PM

BUTON, - Kabar baik dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Tahun 2020 ini, Dikbud Sultra menginstruksikan SMA 1 Pasarwajo, Kabupaten Buton untuk membuka sekolah kelas jauh atau filial. 

"Tahun ini sudah ada instruksi dari Provinsi  akan dibuka kelas jauh SMA Negeri 1 Pasarwajo di Desa Kabungka, Kecamatan Pasarwajo. Kalau tenaga pengajar yang disiapkan dari kita juga," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Pasarwajo, Armuddin, Rabu (8/7/2020). 

Armuddin menjelaskan instruksi tersebut akan membawa kabar baik bagi masyarakat, terkhusus bagi anak-anak yang berdomisili di  Kabungka. Sebab, dibukanya sekolah kelas jauh tersebut, maka tidak menuntut kemungkinan tahun depan menjadi sekolah yang bisa dinegerikan.  

Baca Juga: Pendaftar PPDB SMAN 1 Pasarwajo Lampaui Kuota

"Dengan adanya kelas jauh dari SMA  Negeri 1 Pasarwajo ini, anak-anak yang berdomisili di Kabungka dan sekitarnya, tidak jauh-jauh lagi datang bersekolah di Pasarwajo. Selain menghemat biaya, jika tidak ada aral melintang maka tahun depan sekolah kelas jauh ini sudah bisa dinegerikan," ujarnya. 

Baca Juga: Tahun Ini, 13.984 Siswa di Buton Dapat Dana KIP dari Kemendikbud

Tak hanya itu, selain bisa membuka kelas jauh, tahun 2020 ini SMA 1 Pasarwajo mendapatkan bantuan dari Dikbud Sultra. Bantuan tersebut terdiri dari uang pembelian paket internet sebesar Rp 195 ribu per/siswa. Kemudian bantuan wastafel dan masker.  

"Kalau daerah  tersebut tidak ada jaringan, atau siswa tersebut tidak memiliki handphone, uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain yang berhubungan dengan sekolah, misalnya transportasi atau membeli yang berhubungan pencegahan covid-19 ini misal vitamin dan lain-lainnya," sambungnya. 

Penulis : George Ronal

Editor : Rin