Kepala Desa Bonelalo, Asman saat membagikan masker kepada masyarakat. (Foto: Istimewa).

Desaku

Waspada COVID-19, Pemdes Bonelalo Bagikan Masker dan Larang Warga Lain Masuk ke Desanya

La Ode Ali 01-05-2020 | 11:40AM

BUTON, - Demi mencegah penularan wabah virus corona atau COVID-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Bonelalo, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara melarang warga lain masuk ke desanya.

Kepala Desa Bonelalo, La Ode Asman mengatakan, larangan tersebut berdasarkan kesepakatan antara Pemdes dan masyarakat setempat demi mencegah penyebaran COVID-19. Terkecuali warga Talaga karena memang jalur masuk mereka melewati Desa Bonelalo.

"Dari hasil kesepakatan dengan masyarakat bahwa masyarakat yang dari luar Desa Bonelalo dilarang dulu masuk," kata Asman kepada Takawanesw.com melalui sambungan telepon, Jumat (1/5/2020).

Meski begitu lanjut Asman, larangan itu tidak sepenuhnya dilakukan, masyarakat dari luar masih bisa diberi kelonggaran untuk memasuki pemukiman Bonelalo. Namun, terlebih dulu melapor dan mengikuti protokol kesehatan. Beda halnya dengan para penjual dari luar desa, secara tegas ia melarang untuk masuk.

"Adapun yang berkunjung harus melapor dulu, bisa masuk darimana-darimana, tapi yang jelasnya kita lihat sikon juga apa di dari daerah yang zona merah atau tidak, dan wajib cuci tangan dipintu masuk (Katoba) Bonelalo (Jalur dari Lasembangi-red) di posko relawan atau palang yang sudah disiapkan, yang menjual dari luar desa kita larang," jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengharapkan masyarakat untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari jika baru datang dari daerah terjangkit virus corona.

"Warga yang baru dari Baubau diarahkan untuk cuci tangan dulu, baru di karantina selama 14 hari di rumah mereka masing-masing," harapnya.

Baca Juga: Selangkah Lagi Vaksin Covid-19 di Uji Coba Ke Manusia

Selain itu, sebagai upaya pencegahan virus corona, yang juga sudah dilakukan pihaknya kata Asman, yaitu membagikan sekira 500 masker kepada masyarakat pada Rabu (29/4/2020).

"Selain kita juga sudah menyiapkan fasilitas cuci tangan di tempat-tempat keramaian, kami juga dua hari lalu sudah membagikan sekitar 500 masker kepada masyarakat," sambungnya.

Baca Juga: Pintu Masuk Buton Dijaga Polisi dan TNI, Warga yang Melintas Wajib Tes Suhu Tubuh

Terhadap 4 orang warga Bonelalo yang baru datang dari Baubau pada Kamis (30/4/2020) malam, Pemdes dan pihak terkait sudah mengimbau mereka karantina mandiri. Untuk memastikan itu, pihaknya bersama Anggota DPRD Buton Dapil II, Bariuddin, Camat Lasalimu, Hj. Wa Ode Samsari, Kapolsek Lasalimu, IPTU La Abudi, serta Pendamping Desa, Roma Irama mengunjungi dan mengimbau ke 4 warga tersebut untuk melakukan isolasi diri.

Baca Juga Cegah COVID-19, Satu Desa di Buton Larang Warga Lain Masuk ke Desanya

"Tadi dari pihak kecamatan yang dipelopori Camat Lasalimu didampingi Kapolsek Lasalimu dan Anggota Dewan Bariudin Dapil Lasalimu Kapontori, mengunjungi 4 orang yang baru tiba dari Baubau tadi malam, dan diharapkan untuk karantina mandiri di rumah mereka masing-masing," pungkasnya.

Penulis: La Ode Ali